Masalah Reproduksi Wanita Yang Perlu Diwaspadai

Masalah Reproduksi Wanita Yang Perlu Diwaspadai

Sistem reproduksi wanita terdiri dari organ luar dan organ dalam, dan organ reproduksi luar wanita meliputi labia mayor, nadia nama, kelenjar bartholin dan klitoris sedangkan organ reproduksi dalam meliputi vagina, uterus atau rahim, ovarium dan Tuba Fallopi.

Organ reproduksi wanita perlu dijaga kesehatannya untuk terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang sistem reproduksi wanita. Banyak hal yang menyebabkan penyakit ini muncul, meskipun sebagian besar dapat diatasi tetapi ada beberapa penyakit yang membutuhkan perhatian khusus.

Berikut ini adalah masalah-masalah wanita yang sering terjadi,

Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi jaringan yang seharusnya melapisi bagian rahim tetapi justru tumbuh di luar bagian yang seharusnya. Kondisi seperti ini biasa diatasi dengan cara pemecahan atau fertilisasi agar tetap mendapatkan kemungkinan untuk bisa mengandung.

Fibroid rahim

Jika melakukan pemeriksaan panggul dokter mungkin saja menemukan Adanya kemungkinan dalam rahim yang disebut fibroid rahim. Adanya fibroid rahim tidak menimbulkan gejala tetapi bisa tumbuh besar seperti wanita yang sedang hamil.

Radang panggul

Radang panggul adalah infeksi yang terjadi saat bakteri ditularkan secara seksual, menyebar dari vagina ke rahim, saluran tuba atau ovarium. Biasanya gejala yang timbul seperti mengalami nyeri perut bagian bawah, keputihan parah dan berbau, pendarahan pada rahim abnormal, nyeri saat berhubungan seks, susah buang air kecil dan demam.

Kanker serviks

Kanker serviks timbul karena adanya human papillomavirus. Penyakit ini dapat menjalar menjadi kanker ovarium dan bahkan kanker lain. Adanya tes pasmi kanker leher rahim dapat diatasi dari dini, tetapi tes tersebut dapat menyebabkan infertilitas.

Polycystic ovary syndrome

Polikistik ovarium sindrom ovarium polikistik berkaitan dengan ketidak seimbangan nya hormon yang dapat berpengaruh kepada ovulasi dan bahkan dapat mengarah kepada

Kista

Tingkat hormon yang tinggi

Periode yang tidak teratur

Jika anda mengalami pqll maka datanglah dan konsultasikan kepada dokter tentang program kehamilan gaya dan kondisi kehamilan yang sehat.

Infeksi Menular Seksual

Infeksi menular seksual ditularkan melalui hubungan seksual, jika tidak menggunakan pengaman saat berhubungan seks. Yang termasuk bentuk umum dari IMS seperti klamidia, herpes genital, trikomoniasis dan HPV.

Disfungsi seksual wanita

Disfungsi seksual terdapat beberapa jenis kurangnya minat untuk berhubungan seks, rasa sakit setelah berhubungan proses yang tidak memuaskan. Kondisi seperti ini terjadi karena banyak faktor tetapi bisa saja disebabkan oleh penyakit jantung, saraf, ginjal dan gagal hati.

Jika mengalami hal ini maka kakak kesulitan untuk hamil. Jika kamu merasa mengalami gejala-gejala maka segeralah konsultasikan masalah ini dengan dokter yang bersangkutan.

Jika kamu merasa memiliki gejala tersebut di atas, maka segeralah memeriksakan diri kepada-mu agar dalam menentukan penanganan apa yang tepat untuk dapat mengatasi penyakit yang kamu Derita. Kunjungi juga blog kesehatan clubwanita.com yang banyak membahas masalah kesehatan dan kecantikan.

You May Also Like

About the Author: Marin